Tanya Dokter Online: Apakah Peran Vitamin C, D, Serta Kalsium Untuk Imunitas?

tanya dokter online

Saat kamu punya kesempatan tanya dokter online tentunya harus kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk menggali segala pengetahuan yang kamu butuhkan. Terutama bagi imunitas tubuh kamu disaat cuaca yang tak menentu dan ditambah naiknya kasus Covid-19. Imunitas tubuh perlu kamu upayakan setiap harinya yaa, karena kerja mereka 24 jam setiap hari. Kamu bisa mendukung kerja mereka dengan mengkonsumsi vitamin dan juga mineral yang alami bagi tubuh kita.

Dalam sesi tanya dokter online pasti kamu diberikan penjelasan terkait vitamin dan mineral apa yang kamu butuhkan untuk mempertahankan imunitas. Nah yang utama pasti vitamin D dan C serta untuk mineralnya kamu pasti sangat membutuhkan kalsium. Selanjutnya apasih peranan dari vitamin dan mineral tersebut bagi imunitas tubuh?

Peranan Vitamin dan Mineral Saat Imunitas Rendah

Bertambah banyaknya umur seseorang tentunya mempengaruhi imunitas tubuh seseorang. Artinya orang yang mempunyai usia lebih tua akan rentan terhadap berbagai serangan penyakit dan butuh waktu yang lama untuk sembuh. Nah kuncinya hanya ada pada nutrisi yang harus mereka konsumsi setiap harinya agar imunitas lebih bisa bekerja maksimal.

  • Vitamin C

Ketika dalam sebuah sesi tanya dokter online, seorang dokter pasti menjelaskan akan pernanan dari vitamin C ini sendiri. Dimana merupakan mikronutrien esensial yang teramat penting bagi manusia. Utamanya bagi sistem imunitas, karena vitamin C lah yang akan membuat fungsi sel dalam imun aktif. Baik itu imun bawaan ataupun imun adaptif yang muncul ketika kita sakit.

Nah mereka juga pasti menambahkan bahwa vitamin C merupakan sumber antioksidan yang bisa berperang dengan radikal bebas yang menyebabkan infeksi sebuah penyakit. Misalnya, karena kamu mengkonsumsi vitamin C maka imunitas akan meningkat dan mencegah gangguan pernapasan sehingga kondisimu tidak menjadi semakin parah.

Apabila tubuh kamu ingin memperoleh asupan vitamin C maka kamu harus mengkonsumsi sesuatu yang mengandung vitamin tersebut yaa. Karena vitamin C sendiri termasuk ke dalam kelompok vitamin water soluble yang larut di air. Sumber vitamin C sendiri bisa kamu temukan pada berbagai macam jeruk, berbagai sayuran hijau, berbagai jenis paprika dan sebagainya. Nah apabila kamu ingin memperoleh lebih cepat asupan vitamin C maka kamu bisa imbangi dengan konsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual di pasaran.

  • Vitamin D

Untuk vitamin D juga mempunyai peranan dalam menjaga sistem imunitas tubuh loh. Namun secara umum vitamin ini akan mengaktifkan kalsium demi rangka tulang yang sehat. Nah bagaimana agar kerja vitamin D ini maksimal? Yaapp kamu butuh berjemur pada jam tertentu dimana matahari bisa menembus ke dalam tubuh dan memaksimalkan cara kerja vitamin ini.

Jika kamu menemukan seseorang yang menderita autoimun, bisa jadi salah satu faktornya adalah kurang asupan vitamin D dalam makanannya. Sehingga sel imun kita yang sehat sulit mengenali mana sel yang sehat dan mana yang membawa bakteri. Dan penyakit autoimun juga beragam yaa dari mulai Diabetes mellitus, rematik, radang usus dan sebagainya. Selain itu vitamin D juga mampu membuat tubuh bertahan dari adanya infeksi saluran pernapasan. Kamu bisa mengkonsumsi tuna maupun sarden atau ikan lainnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

  • Mineral Kalsium

Tahukah kamu bagaimana kerja mineral kalsium di dalam tubuh? Selain untuk menjaga kepadatan tulang ternyata kalsium juga berperan dalam imunitas tubuh loh. Karena dengan kalsium lah imun tubuh bisa bekerja secara seimbang. Kemudian juga akan membuat imun meningkat maupun menurun di saat yang tepat.

Sehingga ketika akan virus maupun bakteri yang mendekat, imunitas tubuh bisa langsung terbentuk dan melawan hal-hal yang membahayakan tubuh. Nah agar kamu bisa memperoleh asupan kalsium secara optimal kamu bisa memilih produk olahan dari susu alami, kacang-kacangan termasuk kedelai dan produk olahannya.

Nah itulah tadi peranan yang akan kamu peroleh dari vitamin maupun mineral penting yang kamu konsumsi secara rutin. Hal-hal yang berkaitan dengan imunitas tubuh bisa kamu tanyakan pada fitur tanya dokter online yang telah disediakan oleh aplikasi kesehatan seperti Rey.id. Mari kita bangun semangat untuk menjaga imunitas tubuh stabil agar kita bisa kembali beraktivitas secara nyaman dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *