Digitalisasi perbankan

Strategi BRI Menyambut Digitalisasi Perbankan 2022

Digitalisasi perbankan menjadi challenge tersediri bagi BRI untuk terus mengembangkan strateginya. Bahkan BRI sejak 2016 sudah berkomitmen untuk melakukan transformasi digital secara masif dengan membawa dua tujuan besar. Yaitu efisiensi dan juga digitalisasi model bisnis untuk pembuatan model bisnis dan juga value yang baru.

Bahkan dengan strategi yang mereka rancang yaitu digital dan kultur, mereka bercita-cita untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion. Tranformasi digital yang mereka upayakan tentunya meliputi semua entitas yang ada di BRI Group termasuk pengembangan BRIAPI yang sekarang ini menjadi program keunggulan mereka. Hal ini tidak terlepas dari digitalisasi perbankan dengan membuat model bisnis baru dan vakue yang baru.

Digitalitasi perbankan yang diupayakan BRI juga bisa kamu lihat dari anggaran mereka setiap tahunnya. Ada dana 7 sampai 8 triliun yang mereka siapkan untuk belanja modal. Dan dari sekian banyak dan tersebut 57% untuk pengembangan teknologi informasi atau IT. Hal ini bisa kita katakan wajar melihat BI sudah meresmikan Standar Nasional Open API Pembayaran. Dan sebagai Bank Nasional tentu BRI punya strategi yang matang dan perlu kita cermati.

Apa Tujuan Standar Nasional Open API Pembayaran?

Bank Indonesia kita tau terus melakukan perubahan termasuk dengan lahirnya Standar Nasional Open API Pembayaran yang berisi protokol dan instruksi yang wajib dilaksanakan bagi bank nasional termasuk BRI. Dimana protokol ini mempunyai fungsi untuk memberikan fasilitas interkoneksi antaraplikasi secara terbuka ketika transaksi pembayaran terproses. Tujuannya adalah:

  • Terciptanya industri yang mempunyai sistem pembayaran sehat, inovatif dan juga kompetitif.
  • Mendukung proses integrasi, lalu interkoneksi, juga interoperabilitas, bahkan keamanan dan juga kehandalan dari infrastruktur sistem pembayaran.
  • Mengefisienkan peningkatan market practice yang lebih sehat, lebih efisien, dan wajar dalam sebuah sistem pembayaran.

Salah satu ralisasi dari Standar Nasional Open API Pembayaran adalah dengan mempercepat proses Open Banking 2022 dan digitalisai perbankan khususnya di area sistem pembayaran. Dan untungnya BRI sudah punya BRIAPI sebagai layanan yang customer-oriented.

Strategi BRI Masuk Open Banking Era Lewat BRIAPI

BRIAPI merupakan wujud dan komitmen bank BRI dalam menyambut Open Banking 2022. Mereka terus melakukan inovasi dengan BRIAPI dengan tujuan tercapainya digitaliasi perbankan yang masif. Tentu dengan kita melihat perkembangan BRIAPI, kita tau bahwa mereka hadir tidak dengan tanpa strategi. Lalu apa saja sih upaya atau strategi mereka dalam mensukseskan Open Banking 2022 ini?

  • Memperkuat Cybersecurity yang Kuat

Bank BRI telah mempunyai serrtifikasi Payment Application Data Security Standard yang mereka dapatkan dari PCI Security Standard Council di Asia Tenggara. Dimana dengan adanya sertifikasi ini, mereka menjamin bahwa setiap transaksi pembayaran lewat BRI akan terjadi secara aman dan tidak membahayakan data nasabah.

BRI juga punya sertifikasi ISO 27001 bagi BRIAPI dan sertifikasi ini sudah mereka kantongi sejak 2019. Itu artinya keamanan nasabah menjadi prioritas mereka dalam bermain di Open Banking 2022. Sehingga para nasabah tidak perlu khawatir, kamu cukup harus percaya bahwa bersama BRIAPI data kamu aman meskipun transaksi secara virtual.

  • Experience Terbaik Bagi Nasabah

Proses digitaliasi perbankan lewat Open Banking 2022 yang sedang BRI lewati tentunya menjadi bukti nyata bahwa mereka siap untuk masa depan. Dimana lewat BRIAPI mereka mempersatukan berbagai pilihan metode pembayaran agar memudahkan nasabah bertransaksi. Sehingga lebih simpel dan tentunya dengan biaya yang murah. Hanya dengan satu klik para nasabah bisa menyelesaikan transaksi mereka dengan metode pembayaran yang mereka kehendaki.

  • Terbuka Untuk Kolaborasi dengan Perusahaan

Semakin majunya teknologi informasi tentu semakin tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya kolaborasi dari berbagai perusahaan. Dan BRI siap dengan hal tersebut, mereka siap menjalin kolaborasi baik dengan perusahaan digital maupun non digital.

Dengan BRIAPI perusahaan bisa mengintegrasikan berbagai macam produk dari bank BRI dengan satu kali klik saja. Sehingga transaksi akan berlangsung cepat, simpel dan jauh lebih efisien.

Itulah tadi strategi terbaik dari bank BRI lewat BRIAPI untuk mencapai digitalitasi perbankan yang masif. Dan jangan khawatir ada contoh nyata dari BRIAPI Open Banking 2022 yaitu diantaranya adalah kerjasama BRIAPI dengan DOKU untuk mempermudah transaksi pembayaran, kerjasama BRIAPI lewat BRIVA dengan Indogrosir sehingga pembayaran belanjaan akan jauh lebuh terorganisir. Dua perusahaan tersebut tentunya sudah merasakan nyamannya transaksi dengan BRIAPI di era digitaliasi perbankan ini. Dengan BRI Direct Debit, lalu Fund Transfer dan BRIVA, BRI mampu membuktikan komitmennya dalam menciptakan layanan customer-oriented.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.