harga genset kecil

Persiapan Hadapi Mati Listrik yang Wajib Ada Dirumah

Listrik menjadi salah satu sumber energi yang penting terutama untuk menghidupkan lampu di rumah. Namun seringkali terjadi pemadaman yang tak menentu sehingga pentingnya persiapan hadapi mati listrik saat di rumah. Persiapan  salah satunya dengan memakai genset dan carilah harga genset kecil yang cocok.

Persiapan Hadapi Mati Listrik

Terdapat beberapa yang perlu Anda persiapkan untuk mengantisipasi pemadaman listrik yang tidak bisa terprediksi. Jika Anda saat sedang tengah beraktivitas dan mengerjakan sesuatu lalu tiba – tiba mati listrik tentunya akan menghambat dan menundanya. Untuk lebih jelasnya dapat menyimak penjelasan berikut.

1. Persiapkan Lilin dan Korek Api

Untuk persiapan yang pertama yaitu menyediakan lilin dan korek api di rumah. Ini sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan setiap orang sebagai sumber penerangan saat mati listrik. Anda dapat membeli lilin dan korek api di warung atau toko terdekat dari rumah. Lalu saat menggunakannya jauhkan dari barang yang mudah terbakar.

2. Persiapkan Senter

Berikutnya yaitu dengan mempersiapkan beberapa senter sebagai penerangan. Sumber penerangan ini berbeda dengan lilin karena perlu menggunakan baterai isi ulang. Meskipun harganya lebih mahal daripada lilin tapi penggunaanya lebih praktis dan aman. Menemukan peralatan senter ini sangat mudah di swalayan atau toko.

3. Mencharge Power Bank

Barang persiapan hadapi mati listrik ini biasanya Anda gunakan untuk mengisi baterai smartphone ketika darurat yaitu power bank. Sehingga saat mengalami pemadaman listrik tidak perlu khawatir kehabisan baterai smartphone. Beberapa power bank juga memiliki senter kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai penerangan.

4. Mempersiapkan Genset

Mungkin perlengkapan satu ini sering Anda jumpai di minimarket atau tempat kerja sebagai cadangan alat pembangkit listrik. Saat di rumah juga bisa Anda gunakan genset jika memilikinya untuk menghidupan beberapa beberapa peralatan rumah tangga yang penting. Kemudian jangan lupa mengisi bahan bakarnya dengan cukup.

5. Mengunci Semua Pintu Rumah dan Jendela

Selanjutnya persiapan hadapi mati listrik ketika di rumah sendiri yaitu menutup dan mengunci pintu serta jendela. Hal ini sebagai pencegahan juga agar orang asing tidak masuk ke dalam rumah. Dari keadaan rumah dan lingkungan sekitar yang gelap bisa jadi dimanfaatkan orang lain untuk berbuat kejahatan seperti mencuri.

6. Posisikan saklar Off Saat Tidur

Saat terjadi mati listrik di malam hari dan pada jam tidur maka bisa memposisikan saklar lampu tertentu menjadi off. Supaya saat Anda tidur dan listrik menyala dalam keadaan lampu yang menyala hanya bagian seperti depan rumah atau teras saja.

Dengan demikian, persiapan hadapi mati listrik kedengarannya hanya sepele tapi nantinya ketika terjadi pemadaman dan tidak ada penerangan akan panik. Maka dari itu jangan mengabaikannya agar tetap aman dan nyaman saat di rumah mati listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.