cara membersihkan kucing yang sakit

Cara Membersihkan Kucing yang Sakit di Rumah

Kucing merupakan jenis hewan yang perawatannya cukup kompleks, secara sifatnya pun hewan ini lebih membutuhkan banyak perhatian daripada hewan lain seperti anjing. Sebagai majikan yang mencintai peliharaannya, jika kucing jatuh sakit maka kamu harus memberikan perawatan yang tepat.

Nah sebelum nantinya kamu bawa ke dokter hewan, kamu butuh cara membersihkan kucing yang sakit sebagai langkah pertolongan pertama.

Inilah Cara Membersihkan Kucing yang Sakit

Adapun berikut ini cara membersihkan kucing yang sakit sebelum nantinya kamu bawa ke dokter hewan terpercaya:

  • Perhatikan gejala penyakit yang muncul

Saat kucing sedang sedih atau bahagia kamu sebagai majikan harus tahu perbedaannya. Jika mereka sehat, maka mata akan lebih jernih, nafsu makan tidak masalah, buang air bisa normal di toilet dan bulu atau kulitnya terlihat bersih.

Nah saat yang terjadi itu kebalikannya, dimana dia menjadi lebih diam dan napasnya mengeluarkan suara yang aneh maka bisa jadi kucing sedang sakit atau terluka.

  • Buatlah mereka bisa istirahat dengan nyaman

Secara umum jika kucing sakit maka mereka akan tidur lebih lama, tujuannya untuk memulihkan kesehatan dan menurunkan pemicu stres. Oleh karena itu, pertama bersihkan kandangnya dan lingkungan rumah sekitar dengan desinfektan. Hilangkan berbagai jejak kotoran yang memicu timbulnya penyakit. Bila perlu perbarui kandang mereka, gunakan tempat tidur yang empuk dan kecil yang memudahkan kamu memeriksa kondisi mereka.

  • Jagalah tubuh kucing agar tetap terhidrasi

Saat kucing sakit maka mereka akan kesulitan makan, namun kamu tetap harus memastikan mereka tetap terhidrasi. Oleh karena itu sediakan air minum yang sering diganti didekatnya. Tambahkan vitamin atau kaldu ayam untuk membuat mereka berselera meminumnya.

  • Berikan belaian pada kucing

Kucing yang sakit pasti lebih sering mengeong untuk mendapat perhatian dari pemiliknya. Jika itu terjadi usahakan membelai mereka dan buatlah mereka merasa lebih baik. Akan tetapi, hindari melakukannya saat mereka tertidur karena bisa mengganggu proses pemulihan tubuh mereka.

Selain itu, kamu juga bisa mengelusnya dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Hal ini akan memberikan sensasi bahwasannya ada kucing lain yang sedang merawatnya. Dan jangan lewatkan bagian tubuh lain untuk dibersihkan dengan kapas lembab, terutama mata, telinga dan hidung. Lakukan secara lembut agar mereka tetap nyaman dan merasa aman saat kamu melakukannya.

Itulah berbagai cara membersihkan kucing yang sakit dan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan sebelum nantinya membawa mereka ke dokter hewan. Segera bawa ke dokter hewan apabila kondisi mereka semakin buruk dan tidak mau menerima asupan makanan atau minuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *