Amalan Yang Dilakukan Setelah Sholat Dhuha

doa sholat dhuha

Sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam, tetapi selain ibadah sholat wajib yang terbagi kedalam 5 waktu yakni subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya ternyata masih ada ibadah sholat sunnah yang bisa menambah nilai pahala sholat kita.

Salah satu sholat sunnah itu adalah sholat sunnah dhuha yang bisa dikerjakan saat matahari mulai terbit sampai batas waktu sholat dzuhur tiba. Sholat sunnah dhuha ini bisa dikerjakan mulai dari 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat tergantung dengan kemampuan anda karena ibadah ini ibadah sunnah.

Meskipun ibadah ini termasuk kedalam ibadah sunnah ada baiknya setelah anda melakukan ibadah ini agar anda tidak segera meninggalkan tempat sholat dan melanjutkannya dengan membaca doa sholat dhuha agar semakin melengkapi nilai ibadah anda.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana doa sholat dhuha tersebut, tidak perlu khawatir karena kita akan memberikan bacaan doa selepas sholat dhuha lengkap beserta artinya agar lebih bisa anda pahami, sebagai berikut.

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Dengan membaca doa sholat dhuha diatas maka kita akan semakin melengkapi nilai ibadah sunnah kita dimata Allah SWT. Jika anda belum bisa menghafal doa tersebut maka anda bisa membacanya atau anda juga bisa berdoa sesuai dengan Bahasa yang anda pahami karena Allah tetap akan mengerti maksud doa anda.

Barangsiapa yang menyempatkan diri melaksanakan ibadah sunnah ditengah-tengah kesibukannya maka Allah SWT akan memberikan syafaat kepada orang tersebut, karena terdapat beberapa keutamaan yang dijamin jika anda melaksanakan ibadah sholat dhuha, diantaranya :

  1. Dianggap sebagai pengganti sedekah

Seperti penjelasan yang terkandung didalam hadits Riwayat Muslin yang menerangkan bahwa siapaun yang melaksanakan ibadah sholat dhuha dipagi hari sebanyak 2 rakaat maka akan mendapatkan pahal seperti orang yang bersedekah.

  1. Diberi keucukupan di hari tersebut

Dalam hadits Riwayat Ahmad dan Tirmidzi menjelaskan bahwa barangsiapa yang tidak meinggalkan shalat empat rakaat di waktu sebelum siang (dhuha) maka ia akan diberi kecukupan pada siang harinya.

  1. Diampuni Dosa-dosanya

Hadits Riwayat Tirmidzi menjelaskna bahwa barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan rutin maka akan diampuni dosa-dosanya sekalipun dosanya sebanyak buih di lautan.

  1. Mendapat Pahal Haji dan Umroh

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi menjelaskan bahwa barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh kemudian duduk dan berdzikir sampai ia melaksanakan sholat dhuha maka ia akan memperoleh pahala seperti orang yang berhaji dan umroh.

  1. Dibuatkan Istana di Surga

Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah menjelaskan bahwa barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha 12 rakaat maka akan dibangunkan istana di surga kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *