sinus

5 Tips Penanganan Sinusitis di Rumah

Peradangan pada sinus atau sinusitis bisa menyebabkan begitu banyak gejala yang akan memberi rasa nyeri dan tidak nyaman. Tentunya penderita sinusitis harus segera mencari solusi yang tepat agar bisa menyelesaikan kondisi tersebut. Tak harus selalu ke dokter, sinusitis bisa diatasi juga dengan beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dari rumah.

Menangani Sinusitis

Penderita sinusitis pasti tahu sendiri betapa tidak nyamannya ketika kondisi ini kambuh. Biasanya akan muncul nyeri kepala yang hebat dan nyeri di bagian pipi juga dahi. Berikut ini adalah 5 tips penanganan untuk meredakan sinusitis yang bisa Anda lakukan di rumah:

1.Minum Air Putih yang Banyak

Jika mulai muncul gejala sinusitis, segera minum air putih yang banyak. Selain air putih, Anda juga bisa minum banyak jus buah atau makan buah yang mengandung kadar air tinggi. Asupan cairan ini akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Termasuk lendir yang masuk ke dalam rongga-rongga di dalam struktur wajah Anda.

2.Lakukan Pembersihan Hidung

Sinusitis juga bisa diatasi dengan proses pembersihan atau pembilasan hidung. Orang-orang juga biasa menyebut proses ini sebagai irigasi nasal. Proses ini akan membantu membersihkan semua kotoran dan lendir yang menyumbat sinus. Anda bisa membilas hidung dengan produk yang dijual di apotek atau membuat larutan garam sendiri di rumah.

3.Hirup Uap Air Panas

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinusitis saat kambuh adalah menghirup uap air panas. Siapkan baskom atau mangkuk berisikan air panas. Posisikan wajah Anda dekat dengan mangkuk atau baskom tersebut. Hiruplah uap air panas yang muncul dari sana. Cara ini akan sangat membantu melembabkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

4.Jaga Kelembaban Udara

Anda sebaiknya menggunakan alat pelembab udara atau humidifier jika sudah diketahui menderita sinusitis kronis. Alat ini bisa membantu melembabkan udara di dalam ruangan. Kelembapan udara yang terjaga dengan baik bisa mencegah kambuhnya sinusitis. Selain itu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan juga bisa membantu meredakan gejala sinusitis saat sudah terlanjur kambuh.

5.Buka Ventilasi Udara

Beraktivitas di dalam ruangan tertutup bisa memperparah kondisi sinusitis yang Anda alami. Untuk meredakannya, Anda sangat disarankan membuka semua ventilasi udara di rumah. Sirkulasi udara yang baik akan sangat efektif membantu menyembuhkan iritasi atau peradangan yang terjadi di saluran pernapasan Anda. Itulah mengapa sangat penting memikirkan masalah sirkulasi di rumah Anda.

 

Itulah tadi 5 tips untuk menangani sinusitis di rumah. Jaga sebaik mungkin agar kondisi ini tidak mudah kambuh dan hindari pemicu yang bisa menyebabkan iritasi pada rongga sinus. Dapatkan lebih banyak saran kesehatan dari artikel-artikel di internet, khususnya di Orami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *